Rabu, 11 November 2009

Mari Bicara Kualitas , Bukan Kuantitas !!!

Akhir Pekan Pendidikan
Mari Bicara Kualitas , Bukan Kuantitas

Semakin bertambahnya perguruan tinggi ternyata menimbulkan dua hal yng berbeda. Di satu sisi anak – anak Indonesia memiliki kesempatan mengeyam pendidikan dengan lokasi, kualitas dan biaya yang lebih bervariasi. Namun, di sisi lain, kualitas hasil lulusnya pun lebih menjadi “bervariasi”.

Hal ini disebabkan ada beberapa perguruan tinggi yang mematok harga terjangkau dengan kualitas yang baik, tetapi ada jug yanag mengincar biaya terjangkau tanpa peduli kualitas. Serian Wijatno, Ketua Pengurus Yayasan Tarumanegara berpendapat bahwa pada jenjang perguruan tinggi, kuantitas perguruan tinggi yang ada di indonesia terutama di daerah – daerah masih belum merata.
Hal ini membuat sumber daya manusia yang dihaasilkan pun terkesan masih “mentah”. Padahal ditengah persaingan kerja yang makin sengit ini, para lulusan harus menjadi generasi yang “matang” dan siap mengaplikasikan ilmu dan kreatifnya di dunia kerja.

SUMBER MANUSIA ANDAL
Menurut Serian, untuk menciptakan sumber daya yang andal, sebaiknya perguruan tinggi mempercepat terwujudnya peningkatan mutu pendidikan. Hal ini dpat dilakukan dengaan cara mengintergrasikan mutu tersebut kedalam manajemen strategi perguruna tinggi disetiap komponen, baik yangn bersifat kademik ataupun yang tidk bersifat akademik.
Hal ini dapat dimulai dari pimpinan instansi dengan menciptakan nasional dengan lebih professional lagi. Contonhya mengefisiensikan kinerja dan bentuk perguruan tinggi yang ramping, tetapi efektif, “ ujar Serian. Dan menambaha jumlah tenaga pendidikan yang berkompenten sesuai dengan jumlah rasio mahasiswa pun patut dilakukan. Agar lulusan sebuah perguruan menjadi lulusan yang berkualitas perguruan tinggi harus meningkatkan kerja sama antar perguruan tinggi lainya, ditambah kerja sama dengan perusahaan nasional dan multinasional.

Kutipan Koran kompas, minggu 25 oktober 2009

NB : dengan tulisan ini saya, sebagai mahasiswi tingkat akhir ingin member semangat kepada rekan – rekan seperjuangan untuk selalu giat belajar agar kita tercetak sebagai lulusan yang berkualitas, amie… semangattt yahhh…. Love 4 Ea 11 UG-xmlg / 06

Tidak ada komentar:

Posting Komentar